Utama

REFLEKSI MEMPERKUAT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Jayapura, BPMP Provinsi Papua. Keberhasilan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di satuan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pemahaman terhadap proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan oleh pendidik di satuan pendidikan dan juga kualitas intervensi oleh pemerintah daerah. Hal ini akan berdampak terhadap capaian pembelajaran peserta didik terutama dalam peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter peserta didik.

Refleksi menjadi satu bagian penting yang bertujuan untuk evaluasi terhadap seluruh proses yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Selain itu, refleksi akan membuka ruang diskusi terkait dengan hal-hal yang harus diperbaiki dan dipertahankan sebagai praktik baik dalam implementasinya.

Oleh karenanya, BPMP Provinsi Papua gelar Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka di 6 titik. Di Provinsi Papua Selatan bertempat di Boven Digoel. Provinsi Papua bertempat di Kota Jayapura, Kab, Jayapura, Kab. Keerom. Provinsi Papua Tengah bertempat di Mimika. Dan Provinsi Papua Pegunungan bertempat di Jayawijaya. Dengan waktu pelaksanaan adalah 23 hingga 30 Juli 2024 yang diikuti oleh perwakilan dinas pendidikan, pengawas, dan sekolah sasaran IKM jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Tujuan kegiatan ini yaitu memperoleh gambaran dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Kegiatan diawali di Boven Digoel (23/7/2024) dikemas dengan pola diskusi kelompok terpumpun yang menghasilkan gambaran pemahaman yang telah dimiliki satuan pendidikan dan dinas pendidikan terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Transisi PAUD SD yang menyenangkan, Pendidik yang reflektif, gemar belajar, dan kolaborasi serta kesan pesan terhadap implementasi kurikulum merdeka. (Kus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *