Utama

BPMP PROVINSI PAPUA SUKSESKAN SURVEI EFEKTIVITAS DAN KEBERMANFAATAN MEDIA SOSIAL DITJEN PAUD, DIKDAS, DAN DIKMEN

Publikasi dan komunikasi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sangat penting dilakukan guna memastikan informasi mengenai kebijakan dan program prioritas dapat mencapai audiens yang luas, serta meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat. Dengan penyebaran informasi yang jelas dan terstruktur, komunikasi yang transparan membantu membangun kepercayaan publik terhadap Kemendikbudristek, sekaligus memperkuat citra kementerian sebagai institusi yang berkomitmen terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Selain itu, melalui umpan balik dari masyarakat, Kemendikbudristek dapat mengevaluasi efektivitas program-program yang berjalan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan berdasarkan respon dari lapangan, memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan serta memastikan program-program tersebut benar-benar bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen) laksanakan kegiatan survei Efektivitas dan Kebermanfaatan Media Sosial dan Laman di 34 provinsi pada rentang waktu tanggal 13 sampai dengan 28 Juni 2024. Survei dilakukan dalam satu tahap dengan menggunakan metode stratified purposive sampling karena survei ini memiliki maksud dan tujuan tertentu yang diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam dari setiap level pendidikan. Metode pengolahan data dalam survei ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan untuk menilai efektivitas media sosial dan laman Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen secara nasional.

Dalam survei ini, BPMP Provinsi Papua berperan akif mensukseskan survei dengan menerjunkan 5 orang sebagai surveyor dan panitia. Sebanyak 20 responden berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kepala Sekolah, Guru, Orang tua siswa, dan siswa berhasil diwawancarai selama rentang Waktu survei.

Hasil survei ini akan memberikan gambaran mengenai sejauh mana informasi program telah diterima oleh masyarakat, seberapa luas informasi telah tersebar, serta memberikan masukan untuk perbaikan strategi komunikasi dan publikasi di tahun mendatang. (Yos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *